Profile

Join date: Sep 28, 2022

About

5 Tempat Monumental di Kalimantan Timur



Kalimantan Timur ialah adalah propinsi yang berada pada bagian Timur pulau Kalimantan, Indonesia. Kalimantan Timur sebagai propinsi dari ibukota negara Indonesia yang baru, persisnya di Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara.


Saat sebelum jadi saat ini, pasti Kalimantan timur mempunyai riwayat panjang yang mewarisi beberapa tempat monumental dan juga ada Wisata Museum yang sekarang bisa kita datangi agar bisa jadi pelajaran. Bahkan juga salah satunya tempat monumental di propinsi Kalimantan Timur ini diprediksi jadi titik munculnya manusia purba yang berada di bumi pertiwi.


1. Istana Sultan Kutai

Istana Sultan Kutai sebagai salah satunya tempat monumental yang ada di Tenggarong, Kutai Kartanegara, yang disebut kabupaten opsi ibukota Indonesia yang baru. Bangunan yang mempunyai style arsitektur "Indische Empire" ini sebagai satu komplek yang terbagi dalam beberapa bangunan yakni Istana, pusara beberapa raja, pendopo, Mushola Jami' Aji Amir Hasauddin, dan kantor UPTD Museum Mulawarman.


Sama seperti yang dicatat oleh riwayat, kerajaan Kutai sebagai kerajaan paling tua di Indonesia. Kerajaan ini dibangun pada 1932 oleh pemerintahan Belanda, seterusnya Belanda memberikan istana ke Sultan Aji Muhammad Parikesit McGee di tahun 1935.


Sesudah kesultanan Kutai Kertanegara tergabung dengan NKRI karena itu istana juga tak lagi digunakan sebagai pusat pemerintah. Pada 25 November 1971 istana ini diberikan ke pemda Kalimantan Timur dan dijadikan museum negara.


2. Mushola Jami' Adji Amir Hasanoeddin

Tempat monumental selanjutnya masih di Tanggarong, yakni Mushola Jami Aji Amir Hasanoeddin yang dibangun oleh Sultan Sulaiman. Sepintas Mushola Jami Adji Amir Hasanoeddin ini serupa dengan Mushola Tua Kasimuddin Kesultanan Bulungan, Kalimantan Utara. Dimulai dari atap, konstruksi bangunan kayu tanpa jendela, jumlah tiang penyangga yang sejumlah 16 buah dan mihrab persegi lima yang mempresentasikan rukun islam. Perbedaannya bila Mushola Tua Kasimuddin dibuat sekitaran tahun 1.900an, Mushola Jami Adji Amir Hasanoeddin diprediksi dibuat sekitaran tahun 1874 ataupun lebih tua sekian tahun.


3. Mushola Shiratal Mustaqiem

Tempat riwayat seterusnya ada di Samarinda, Kalimantan Timur. Mushola Shiratul Mustaqin sebagai mushola paling tua yang berumur sekitaran 130 tahun. Mushola yang simpan kitab Al Quran, berumur 400 tahunan, ini dengan status cagar budaya yang diproteksi pemerintahan.


Mushola ini dibangun oleh Habib Abdurahman bin Muhammad Asseggaff yang bertitel Pangeran Bendahara dibuat di tahun 1881 masehi. Dia dikenali sebagai bangsawan turunan Arab sebagai pedagang dari Pontianak, (Kalimantan Barat).


Terlihat bangunan Mushola memang simpel, dibuat dari kayu tipe ulin. Kayu ulin dikenali sebagai kayu yang mempunyai ketahanan pada semua jenis cuaca, sampai sekarang ini warga masih menjaga wujud orisinalitasnya.


4. Keraton Sambaliung

Setelah itu Keraton Sambaliung yang disebut salah satunya tempat monumental di Kalimantan Timur, persisnya di Tanjung Redeb, Berau.


Keraton Sambaliung atau Istana Sambaliung di Berau adalah bukti riwayat yang sebagai wakil kesultanan Sambaliung. Seperginya Sultan Sambaliung kedelapan, yakni Sultan Muhammad Aminuddin di tahun 1959, istana Sambaliung selanjutnya dialih-fungsi jadi museum yang simpan banyak beberapa benda monumental.


Beberapa benda monumental yang bisa dilihat oleh pengunjung yang tiba antara lain ialah sebuah prasasti tugu yang dibuat dari kayu ulin tertulis huruf Arab-Melayu dan 2 buah tugu yang ditulisi dengan aksara suku asli Bugis yang berada di halaman muka keraton. Koleksi yang lain cukup unik ialah buaya sejauh 4 mtr. yang sudah diawetkan dan dipampang dalam kotak kaca pada bagian luar keraton. Keraton yang mempunyai keunikan design Cina ini mempunyai 12 kamar dan 1 ruangan khusus di sisi tengah.


5. Gua Tapak Tangan Karst Sangkulirang (Gua Tewet)

Tempat monumental yang ini ada di Sangkulirang, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Karst Sangkulirang-Mangkalihat sebagai goa telapak tangan warisan tahun 10.000 SM yang diketemukan pada 1965 yang mempunyai beberapa ratus tapak jejak telapak tangan misteri.


Diambil dari web sah Kutai Timur, Candi Muara Takus ini sudah jadi situs monumental yang populer di dunia Internasional. Cukup banyak wisatawan asing yang tiba cuma untuk nikmati keelokan lukisan tapak tangan di sejauh dinding goa.


Sebagai situs riwayat, karena teritori Karst Sangkulirang Mangkalihat yang mempunyai bentangan selebar 2.145.301 ha dari Berau sampai Kutai Timur mempunyai situs deskripsi telapak tangan dan beberapa warisan riwayat pada dinding beberapa puluh gua dan lorong panjang didalamnya. Bahkan juga warisan itu diprediksi sebagai awalnya penebaran rumpun manusia purba Austronesia. Maknanya, Karst Sangkulirang Mangkalihat jadi titik awal keberadaan manusia purba yang berada di bumi pertiwi.


Sebagai lokasi rekreasi pengajaran, karst mempunyai sektor plaeontologi, arkeologi, situs fosil, susunan geologi-mineral, litologi, dan bermacamnya flora dan fauna epidemik. Kehadiran gua-gua, sungai bawah laut, cadangan batu kapur dan bahan semen juga cukup berlimpah. Tidaklah aneh bila masyarakat di tempat benar-benar menjaga daerah ini.

D
Daniel Lee

Daniel Lee

More actions